BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Advokat, Wakil Ketua Umum DPP PPP
Kok Gak Ada Takutnya Orang-Orang Pengadilan Itu

Aku ini sebenarnya termasuk bagian yang sudah apatis dengan kebobrokan dan kebusukan di pengadilan.  Sebagaimana wacana “Peran Panitera dalam Mafia Peradilan, Siapa Berani Bongkar?”  yang disinopsiskan oleh watyutink, kondisi di pengadilan memang sudah bobrok dan busuk.   

Sistem apapun yang akan dibuat, menurutku, rasanya percuma saja, deh.  Karena memang manusianya yang sudah rusak jiwanya. Padahal manusianya itulah yang terpenting.  Dalam arti “the man behind the gun”.  Percuma saja punya senjata canggih, tetapi yang menggunakannya berkualitas rendah. Lebih baik bersenjata apa adanya, tetapi manusianya memang cakap dan andal.     

Terbukti, meski kini ada Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK),  tetap saja tuh yang terjadi di lapangan ya  "business  as usual".  Dalam arti yang main suap tetap saja menyuap, yang korupsi terus saja korupsi.  

Aku ini benar-benar tidak mengerti, kok gak ada takutnya orang-orang pengadilan itu.  Padahal mereka tahu bahwa mereka dipantau ketat oleh KPK.  Termasuk juga kemungkinan besar pembicaraan telepon mereka disadap. Tetapi, kok, mereka itu gak ada takutnya?    

Jadi menurutku, ibarat ikan yang busuk, maka busuknya itu berada di kepala ikan itu sendiri. Sehingga jika ingin diperbaiki, ya benahi dan bongkar habis segala kebobrokan dan kebusukan itu di Mahkamah Agung (MA), baru mungkin semua kejahatan di sistem peradilan ini akan menurun.    

Memang sudah rusak negeri ini. (dpy)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF