BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Aktivis 1980-an
Kinerja Polisi Tidak Dipahami Masyarakat

Saya melihat bahwa kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan memang sengaja dibuat ngambang, sebab muatan politisnya lebih kental dibanding tentang kriminalnya. Kenapa saya bilang muatan politis lebih kental, karena sejak kasus tersebut terjadi pada April 2017,  Novel adalah penyidik senior yang membelot dari polisi menjadi pegawai KPK.

Perlu diketahui kasus Novel itu sudah lebih dari 700 hari, berarti sudah terlalu lama ditangani aparat. Sepertinya aparat "ogah-ogahah" jika menyangkut kasus Novel. Hal itu nampak jelas setelah Kapolri Tito Karnavian membentuk Tim Gabungan, yang isinya para perwira polisi dengan para tokoh yang memang punya kedekatan dengan polisi. Komposisi itu juga yang pernah ditolak oleh Novel Baswedan.

Masyarakat sebetulnya menunggu kapan kasus Novel ini terungkap, nampaknya jalan ditempat dan pihak aparat juga tidak menunjukkan kinerjanya yang bisa dipahami oleh masyarakat. Saya curiga ada yang "disembunyikan" dari kasus tersebut. Itu bisa kita lihat begitu lamanya pengungkapannya, atau karena menunggu menjelang 17 April 2019? (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)