BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia
Kinerja Menkumham Benahi Lapas Tidak Memuaskan

Paktik penyimpangan yang sering terjadi di lapas mengindikasikan adanya masalah di dalam tata kelola lapas dan para personelnya. Jadi,  penyelesaiannya tak akan pernah cukup kalau hanya dalam bentuk reaktif dan memberi sanksi kepada pegawainya. 

Pembenahan sistem mutlak diperlukan, di samping pemberian sanksi.  Tanggung jawab utama terhadap pembenahan sistem tentu ada di tangan menteri. Ini sudah jelang habis masa kerja kabinet. Kinerja Menteri Hukum dan HAM tidak memuaskan dalam membenahi lapas kita.

Ini problem bersama dan tanggung jawan bersama mulai dari jenjang sipir sampai menteri. Menteri bisa dianggap bertanggung jawab karena dianggap lamban melakukan pembenahan sehingga kasus-kasus serupa (terpidana plesiran) sering terulang. (mry)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional