BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Guru Besar, Spesialis Bisnis Internasional, Ahli dalam Bisnis, Pemasaran, Pendidikan, Organisasi dan Manajemen
Kinerja KPK Cukup Baik

Pemikiran saya sederhana saja, yaitu mengikuti Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) sebagai Lex Specialis. Kinerja KPK sejauh ini cukup baik walau masih ada kekurangan dan ada serangan eksternal sebagai reaksi pihak yang dirugikan oleh kegiatan KPK. Semcam offensive dari para koruptor yang fighting back. Tidak apa-apa namanya koruptor yang tentu membela diri dan spesies mereka.

Sebagai pembelaan bagi KPK rakyat banyak mesti selalu tampil ke depan jika spesies kleptokrat ini menyerang dan melemahkan KPK. Misalnya seperti yang dilakukan lewat panitia khsusus (pansus) ini dan itu.

Tentang usaha Polri membentuk Detasemen Antikorupsi tentu sah-sah saja, namun seyogyanya berada di bawah koordinasi KPK saja karena sekarang ini tipping point kegiatan memberantas korupsi adalah di tangan KPK sebagai akibat kurang berperannya aparat negara sebelum dibentuk KPK sebagai badan khusus pemberantas korupsi di Indonesia.
Polri, misalnya, bisa memanfaatkan lembaga Irwasum Polri. There is always a place under the sun buat masing-masing lembaga untuk mengabdi bagi bangsa dan negara. (ast)

 

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF