BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Ketegasan SBY, Redakan Tensi Faksionalisasi

Faksionalisasi dalam internal partai itu adalah hal yang lumrah. Hal itu menunjukkan kalau dinamika politik dalam organisasi itu berjalan. Hanya saja karena banyak parpol di Indonesia itu mayoritas one man figure, itu yang menyebabkan faksionalisasi itu berkembang jadi segregasi. Ini yang rawan memicu perpecahan partai.

Dalam hal ini posisi ketua umum atau dalam hal ini SBY perlu ambil sikap politik yang tegas dalam 5 tahun ke depan. Hal itu akan meredakan tensi faksionalisasi ini.

Menurut saya, Partai Demokrat  tunggu Kongres 2020 saja itu lebih baik. KLB itu terjadi kalau terjadi penyelewangan dalam tubuh partai misalnya mega korupsi atau isu moral lainnya.

Terkait faksionalisasi yang terjadi dalam Partai Demokrat, menurut saya sebenarnya bukan karena AHY. Faksionalisasi ini lebih karena ketidakjelasan Partai Demokrat itu mau jadi koalisi atau oposisi. Di sinilah sebenarnya ketua berperan besar dalam menentukan sikap. Sementara rapat  itu hanya sekedar formalitas saja.

Terkait dengan oligarki dalam tubuh kepengurusan PD, menurut saya memang PD sangat tergantung pada SBY. Dan untuk saat ini AHY memang masih perlu belajar dulu sebagai kader sebelum jadi ketum. (mkn)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir