BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Lembaga untuk Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran (LETRAA)/Pemerhati Kebijakan Publik
Kesiapan Sistem, Prasyarat Penerapan Sekuritisasi Aset

Jika ditanyakan apakah skema sekuritisasi bisa diandalkan? Jawabannya bisa ya bisa tidak, tergantung sistem yang dibangun dalam pengelolaan dana segar tersebut. Namun tidak satu-satunya menjadi skema yang diandalkan. Kemenkeu harus mencari alternatif dalam melakukan optimalisasi penerimaan negara.

Risikonya pasti ada, akan berdampak pada beban APBN. Makanya tadi saya sampaikan sebelum bicara yang lebih jauh, sistemnya dulu yang diperbaiki sehingga pengelolaan dana segar ini tidak hanya menguntungkan elite semata. Kajian secara makro ekonomi menjadi sangat penting dalam menerapkan sekuritisasi aset

Terkait Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN, dalam konstitusi Pasal 33 UUD 1945 merupakan pilar ekonomi kerakyatan yang mengelola perekonomian dari produksi, distribusi, hingga industrialisasi menuju kesejahteraan rakyat. Kalaupun skema sekuritisasi diterapkan, perlu kajian secara ekonomis mengenai untung ruginya bagi perekonomian rakyat, apakah sekuritisasi aset dapat memberikan kontribusi secara sustain terhadap perekonomian rakyat? Dapatkah mengentaskan rakyat dari kemiskinan?Bahkan bisakah memberikan sumbangsih dalam produktivitas dan distribusi sumberdaya manusia maupun kekayaan secara merata sesuai konstitusi? (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF