BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dubes RI di Ukraina/Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Keputusan Sepenuhnya Pendekatan "Kebatinan" Jokowi

Mengangkat dan mengganti Menteri adalah hak konstitusional yg dimiliki Presiden. Tidak harus semata karena pertimbangan kinerja atau penilaian objektif. Sebab, pertimbangan politik dan personal juga merupakan sesuatu yang wajar dan dapat dimaklumi.

Presiden Jokowi tentu memiliki perhitungan dengan intuisi politiknya sendiri, yang tidak semata-mata dipengaruhi orang lain. Sejauh yang saya pahami, adalah salah besar tudingan dari banyak orang, seolah-olah ada banyak pembisik di sekitar Presiden. Mungkin saja banyak yang berusaha membisik. Namun saya masih yakin, niscaya semua pertimbangan dan keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan Presiden pribadi. Bahkan Wapres JK dan Ibu Mega yang memberikan kontribusi signifikan atas terpilihnya Jokowi menjadi Presiden, setahu saya tak banyak berpengaruh terhadap keputusan akhir presiden. Apalagi yang lainnya.

Jadi, sebaiknya para menteri mensyukuri saja kepercayaan yang sudah diberikan Presiden tanpa harus risau, apakah di resafel atau tidak. Sekali lagi, karena keputusan itu sepenuhnya merupakan pendekatan "kebatinan" seorang Jokowi. Syukuri saja sudah berkesempatan membantu Presiden. Bersiaplah untuk diganti setiap saat. Karena jabatan (menteri dan yang sederajat) itu milik (hak prerogatif) Presiden. (dpy)

 

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF