BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Kementaan Lebih Tingkatkan Pengawasan Kepada Importir

Ini tentu akan merugikan petani bawang merah kita. Karena bawang impor imitasi itu harganya jauh lebih murah, jadinya petani kita tidak mampu bersaing secara harga. Akibatnya, bawang hasil petani kita tidak laku. Maka dari itu, pemerintah harus mengambil langkah tegas. Kalau bisa jangan hanya blacklist para importir nakal yang melakukan kecurangan tersebut, tapi ambil tindakan hukum. 

Tindakan Kementerian Pertanian (Kementan) mem-blacklist impotir nakal yang melakukan kecurangan sebagai bentuk perlindungan kepada petani lokal dan konsumen. Pasalnya bawang bombay berukuran kecil itu berpotensi mengelabuhi konsumen, karena bentuknya menyerupai bawang merah lokal.

Ke depannya kita berharap, Kementan lebih meningkatkan pengawasan kepada importir. Jangan sampai ada lagi importir nakal dan melakukan kecurangan. Masyarakat kita jangan sampai dirugikan.

Selain itu, Kementerian Pertanian harus memberikan perhatian lebih serius kepada petani bawang lokal, serta mendorong untuk meningkatkan produksi, sehingga bisa memenuhi bawang secara nasional. (afd)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

FOLLOW US

Penggunaan Pembayaran Online Harus Memiliki Regulasi             Reformasi Struktural: Darimana Kita Memulai?             Kemenag Perlu Jelaskan Manfaat Kartu Nikah             Focus ke Penetrasi Ekspor Produk Bernilai Tambah Tinggi             Gerindra dan PDIP Diuntungkan pada Pemilu 2019             Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-1)              Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-2)             Masih Ada Waktu untuk Perbaharui Komitmen             Penguatan Upaya Pemberantasan Korupsi             Kasus Century Tanggung Jawab KSSK