BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Keluarga Gus Dur Membulatkan Suara Nahdliyin

Tentu hanya Mbak Yenny (keluarga Gus Dur) yang tahu persis alasan yang mendasari dukungannya ke pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Orang lain tentu hanya bisa menerka-nerka, bisa jadi alasan dukungan itu terkait dengan faktor Cawapres Kiai Ma'ruf Amin. Sebagai sesama Nahdliyin pasti memiliki setrum emosional, dan menjadi berat beralih ke lain hati. Kiai Ma'tuf Amin juga pernah menjadi ketua Dewan Syuro PKB, di mana saat itu PKB mengantarkan Gus Dur menjadi Presiden RI ke-4.

Faktor lain, bisa jadi terkait beberapa komunitas atau kelompok yang sering tidak sejalan dengan pikiran-pikiran Gus Dur, yang saat ini berada di barisan pasangan Prabowo-Sandi, sebut saja FPI (tokoh-tokoh FPI dan orang lain). Kemungkinan lain karena kebijakan pemerintahan Jokowi dalam empat tahun terakhir nyaris tidak ada yang berseberangan dengan pikiran-pikiran Gus Dur maupun keluarga Gus Dur.

Sejak awal saya tidak melihat dukungan serius warga Nahdliyin pada pasangan Prabowo-Sandi. Dengan adanya deklarasi dukungan keluarga Gus Dur, maka sempurnalah kemenangan yang akan diraih pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF