BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia
Kasus Novel Bisa Runtuhkan Kredibilitas Polri

Dengan melihat perkembangan penanganan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, saya setuju adanya sebuah tim gabungan pencari fakta (TGPF) yang bekerja atas mandat dari presiden. Tim ini penting untuk memberikan masukan kepada Presiden tentang bagaimana seharusnya Presiden memberikan dukunga kepada Polri dalam penanganan kasus serangan terhadap Novel Baswedan.

Kepentingan korban dan rasa keadilan publik harus menjadi pertimbangan utama.  Penanganan kasus yang berlarut hanya akan mengakibatkan runtuhnya kredibilitas Polri. Ada kepentingan institusi yang dipertaruhkan.

Di samping itu, semakin lama kasus ini menjadi misteri publik,  semakin besar bobot politiknya.  Ini tentu sangat tidak menguntungkan Presiden Jokowi,  apalagi dalam situasi Pilpres 2019 saat ini. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)