BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia
Kasus Novel Bisa Runtuhkan Kredibilitas Polri

Dengan melihat perkembangan penanganan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, saya setuju adanya sebuah tim gabungan pencari fakta (TGPF) yang bekerja atas mandat dari presiden. Tim ini penting untuk memberikan masukan kepada Presiden tentang bagaimana seharusnya Presiden memberikan dukunga kepada Polri dalam penanganan kasus serangan terhadap Novel Baswedan.

Kepentingan korban dan rasa keadilan publik harus menjadi pertimbangan utama.  Penanganan kasus yang berlarut hanya akan mengakibatkan runtuhnya kredibilitas Polri. Ada kepentingan institusi yang dipertaruhkan.

Di samping itu, semakin lama kasus ini menjadi misteri publik,  semakin besar bobot politiknya.  Ini tentu sangat tidak menguntungkan Presiden Jokowi,  apalagi dalam situasi Pilpres 2019 saat ini. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FX Sugiyanto, Prof.

Guru Besar Universitas Diponegoro

FOLLOW US

Sampah Kita Adalah Tanggung Jawab Kita!             Kebijakan Persampahan Berbasis Lingkungan             Mencermati Spirit Konvensi Basel             Impor Sampah, Menambah Musibah             Pemerataan Pendapatan Tak Bisa Lewat Pasar Modal             Menggabungkan Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan             Adakan Cerita Seru yang Tidak Selalu Mengacu pada Benda Koleksi             Pembuktian Terbelenggu Prosedural Hukum Acara MK             “The Comedy of Errors”             Penyatuan Picu Kepincangan Pemerintah