BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Wakil Ketua Komisi I DPR, politikus PDIP, mantan Sekretaris Militer Presiden
Jokowi Dorong OKI dan PBB Bersidang

Langkah Jokowi mendorong negara-negara OKI dan PBB untuk menggelar sidang, sudah tepat dan patut diapresiasi. Ini menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia berkontribusi dalam menyelesaikan konflik di Timur Tengah yang memanas, terutama ketika Trump mengeluarkan statemen mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Sejak Presiden Pertama RI Bung Karno, Indonesia sudah berkomitmen mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Itu juga diatur di dalam konstitusi UUD 1945 mengatakan Indonesia menentang segala bentuk penjajahan, termasuk penjajahan Israel atas rakyat Palestina.

Seharusnya dengan posisi AS sebagai anggota tetap DK PBB, Trump seharusnya berupaya untuk menciptakan berdamaian dunia. Namun apa yang dilakukan Trump justru sebaliknya, yaitu provokasi. Pernyataan Trump justru bertentangan dengan rekomendasi dan aturan internasional.

Pernyataan keras telah disampaikan Jokowi menanggapi kebijakan Trump tersebut. Jokowi juga telah memerintahkan Menlu Retno Marsudi untuk meminta keterangan dari Kedubes AS di Jakarta. Jokowi menganggap langkah Trump tersebut berbahaya dan mengancam stabilitas dunia. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF