BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Manager INFID, Komisioner Komnas HAM 2017-2022  
Jawab Isu HAM dengan Langkah Konkret

Melihat counter yang dilakukan diplomat muda kita terkait isu HAM di negara-negara yang mengkritik pemajuan dan perlindungan HAM di Indonesia menurut saya tidak tepat. Saya berpendapat hal itu kurang elegan. Cara yang paling baik untuk meng-counter jika Indonesia diserang dengan isu HAM, menurut saya adalah dengan menunjukkan kemajuan dan penegakan HAM Indonesia yang dilakukan oleh pemerintah atau negara.

Selanjutnya, isu permasalahan Papua akan terus jadi fokus, sepanjang pemerintah atau negara tidak bisa menyediakan peta jalan penyelesaian masalah HAM Papua. Sejumlah hal yang menjadi sorotan permasalahan HAM di Papua adalah kekerasan yang dilakukan aparat, korupsi ataupun pengabaian negara dalam persoalan kemiskinan, akses kesehatan serta pendidikan.

Lalu, yang menyebabkan isu-isu seputar HAM itu kemudian menjadi seksi, karena HAM itu menyangkut dengan fundamental kehidupan umat manusia. Selain itu, pengakuan atas martabat manusia, serta belum terselesaikannya sejumlah pemasalahan HAM di Indonesia, juga membuat isu-isu HAM masih menjadi seksi dalam skala lokal atau nasional. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF