BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik. Peneliti di Indo Survey & Strategy. Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI)
Jangan Lecehkan Kedaulatan Rakyat

Kebiasaan melakukan ‘serangan fajar’ atau membagikan uang jelang pencoblosan adalah merusak nilai-nilai demokrasi. Bahkan melecehkan tatanan bernegara bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Mental bangsa pun jadi hancur.

Perilaku politik uang ini sama dengan menyogok rakyat. Hal ini tidak memberikan pendidikan politik rakyat yang baik. Ini bukan mencerdaskan tapi pembodohan. Serangan fajar justru hanya menggiring opini masyarakat dengan memilih pemimpin yang paling kaya. Rekam jejak calon yang tidak lagi dipertimbangkan.

Politik uang ini tidak bisa dianggap remeh karena pengaruhnya memiliki korelasi dengan meningkatnya kasus korupsi di Indonesia. Maka, siapapun yang terlibat money politics harus ditindak tegas.

Serangan fajar harus diwaspadai. Harapannya, masyarakat tidak terpengaruh oleh iming-iming uang sehingga bisa menggunakan hak pilihnya berdasarkan hati nurani, agar kedaulatan berada di tangan rakyat bisa kita wujudkan pada Pemilu 2019. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Stabilitas Sangat Berdampak Pada Ekonomi             Tarik Investasi Tak Cukup Benahi Regulasi             Tidak Bijak Membandingkan Negara Lain             Semangat Reformasi Perpajakan             People Power and Power of Love             Polisi Tak Boleh Berpolitik             Laksanakan Reformasi Perpajakan Secara Konsekuen             Tunjukkan Sikap Politik yang Matang             Menagih Janji Deregulasi dan Perbaikan Infrastruktur Investasi             Perlu Inventarisasi Perundangan dan Peraturan