BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Jurnalis, Aktivis Perempuan & Ketua Divisi Perempuan AJI Jakarta
Jangan Ciptakan Stereotipe Perempuan Tak Becus!

Akar masalahnya, pengguna ojek online khususnya lelaki terdominasi pikiran maskulinitas, jadi masih menyimpan stereotipe, perempuan belum mampu mengendarai motor dengan baik. Teman dan sepupu cowok saya sering salah sangka, kalau ada pengendara motor yang kacau di jalan-- pasti adalah perempuan atau ibu-ibu. Padahal dugaannya itu salah.

Perempuan di stereotipe-kan sebagai pengendara motor yang buruk dan memiliki kapabilitas yang buruk, lalu dipandang sebelah mata pula. Stereotipe tak becus dilekatkan pada perempuan terus-menerus. Coba gunakan argumen berbasis data yang valid. Lihat saja data kecelakaan di Departemen Perhubungan, semisal, angka kecelakaan tinggi pada Metromini, sopir Metromini itu laki-laki atau perempuan? Semuanya laki-laki kan? Juga data kepolisian, kecelakaan di jalan-jalan Jakarta, lebih banyak mana lelaki dan perempuan?

Kesalahan segelintir perempuan digunakan untuk mengeneralisir dan menciptakan stereotipe perempuan tidak becus mengemudi. Tapi ditepiskan oleh sosok seperti Alexandra Asmasoebrata, Sabrina Sameh, Diandra Guatama, Rally Marina, Indrie Barbie, Qholylla Ardillah, Ade Destiy dan Clio Clarrisa Tjonadi (pembalap perempuan Indonesia) yang memahami dunia otomotif.

Dominasi maskulinitas ini ada di segala aspek kehidupan, belum dicoba menggunakan jasa pengemudi ojek online perempuan sudah underestimate. Kalau penumpang lelaki tubuhnya sangat gemuk, itu persoalan genetika. Alasan ketidak-mampuan perempuan menguasai motor, itu sangat maskulinitas dan tidak adil dalam relasi gender. (fai)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan