BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Presiden Yayasan United in Diversity (UID)
Implementasi Blended Finance Membutuhkan Kerjasama Seluruh Elemen

Kita akan melihat pertumbuhan seperti apa yang bisa berkelanjutan untuk Indonesia, dan kita bisa melihat apa yang menjadi keinginan investor. Dari situ, kita bisa melihat bentuk pembiayaannya yang cocok untuk menjalankan suatu proyek.

Pada acara ini akan dibahas blended finance ini sebagai salah satu instrumen keuangan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menutup keterbatasan ruang fiskal, menarik sumber-sumber pendanaan internasional masuk ke Indonesia dan sekaligus berkontribusi pada kestabilan sistem keuangan negara.  

Jadi kita harus melakukan kerja sama antara sektor swasta, masyarakat dan para pemangku kepentingan. Hal ini tidak terlalu sulit karena banyak program dan proyek di Indonesia yang telah seiring dengan mencapaian SDG's, seperti green sukuk bond dan green bond. OJK pun telah mengeluarkan roadmap keuangan berkelanjutan dan banyak lagi. (ast)

 

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Djoko Setijowarno

Pengamat transportasi

FOLLOW US

Ada Kepastian Jangka Panjang di Proyek Infrastruktur             Melawan Hoax dengan Fungsi Biologis Manusia             Kian Tinggi Pendidikan, Kian Mudah Kena Hoax             Diperlukan komitmen politik bukan pencitraan.             Reforma Agraria harus Digarap Serius             Sikap Prabowo yang Kalem Bukan Strategi             Umumkan Semua Penguasa Lahan di Indonesia             Sikap Kalem adalah Strategi Politik Prabowo             Bioethanol Sebagai Energi Alternatif Ditinggalkan             Pelaksanaan Bagi-bagi Sertifkat Tanah Bukan Hal Baru