BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Presiden Yayasan United in Diversity (UID)
Implementasi Blended Finance Membutuhkan Kerjasama Seluruh Elemen

Kita akan melihat pertumbuhan seperti apa yang bisa berkelanjutan untuk Indonesia, dan kita bisa melihat apa yang menjadi keinginan investor. Dari situ, kita bisa melihat bentuk pembiayaannya yang cocok untuk menjalankan suatu proyek.

Pada acara ini akan dibahas blended finance ini sebagai salah satu instrumen keuangan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menutup keterbatasan ruang fiskal, menarik sumber-sumber pendanaan internasional masuk ke Indonesia dan sekaligus berkontribusi pada kestabilan sistem keuangan negara.  

Jadi kita harus melakukan kerja sama antara sektor swasta, masyarakat dan para pemangku kepentingan. Hal ini tidak terlalu sulit karena banyak program dan proyek di Indonesia yang telah seiring dengan mencapaian SDG's, seperti green sukuk bond dan green bond. OJK pun telah mengeluarkan roadmap keuangan berkelanjutan dan banyak lagi. (ast)

 

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Niko Adrian

Advokat, Dosen Hukum Tata Negara FH-UKI

FOLLOW US

Demi Suharto Pemerintah dan Oposisi Bersatu             Petahana Demisioner vs Penantang Bulldozer             Dikhotomi Orde Baru dan Reformasi : Masih Relevankah?              Turn Back Orba             Percakapan Dari Orang ke Sistem             Orde Baru Politik Sesaat dan Tantangan Menuntaskan Reformasi             Pertarungan Idiologi             Bangkit Orde Para Bandit             Pendekatan Dialogue dalam Penyesuaian Konflik Papua Lebih Efektif, Ketimbang Operasi Militer             Dukungan Bagi Bank Syariah Harus Konsisten-Konsekwen