BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Presiden Yayasan United in Diversity (UID)
Implementasi Blended Finance Membutuhkan Kerjasama Seluruh Elemen

Kita akan melihat pertumbuhan seperti apa yang bisa berkelanjutan untuk Indonesia, dan kita bisa melihat apa yang menjadi keinginan investor. Dari situ, kita bisa melihat bentuk pembiayaannya yang cocok untuk menjalankan suatu proyek.

Pada acara ini akan dibahas blended finance ini sebagai salah satu instrumen keuangan untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, menutup keterbatasan ruang fiskal, menarik sumber-sumber pendanaan internasional masuk ke Indonesia dan sekaligus berkontribusi pada kestabilan sistem keuangan negara.  

Jadi kita harus melakukan kerja sama antara sektor swasta, masyarakat dan para pemangku kepentingan. Hal ini tidak terlalu sulit karena banyak program dan proyek di Indonesia yang telah seiring dengan mencapaian SDG's, seperti green sukuk bond dan green bond. OJK pun telah mengeluarkan roadmap keuangan berkelanjutan dan banyak lagi. (ast)

 

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Ruang Steril Sopir Bus AKAP Belum Diatur             Susi Cuma Orang Kecil             Wajar Ada Ketidakpuasan Terkait Kinerja KKP             Hidupkan Lagi Direktorat Keselamatan Jalan             Masalah Klasik Pidana Penjara             Pelesiran Setya Novanto, Biasa Itu!             Kinerja Menkumham Benahi Lapas Tidak Memuaskan             Maskapai Asing, Investasi yang Buruk Bagi Ekonomi Nasional              Hilangnya Kompetisi di Pasar Penerbangan Domestik             Masalah pada Inefisiensi dan Pengkonsentrasian Pasar