BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Advokat, Pengajar Fakultas Hukum Universitas Trisakti
Hukum Jangan Dijadikan Alat Politik

Kasus-kasus apapun yang diterbikan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) sah-sah saja, apalagi kasus yang bersifat bersifat politis, seperti, kriminalisasi ulama, makar dan lain sebagainya.

Secara yuridis SP3 hanya dapat dikeluarkan karena dipenuhinya syarat: perbuatan yang disangkakan bukan merupakan tindak pidana melainkan perbuatan perdata atu kurangnya atau tidak ada bukti-bukti yang disangkakan.

Tetapi sebuah perkara itu bisa dihentikan selain demi kepentingan hukum, juga dapat dilakukan demi kepentingan umum. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh Jaksa Agung dengan pertimbangan jika sebuah perkara itu disidangkan akan mengganggu kepentingan umun, ini lazimnya disebut deponering.

Tetapi juga sangat dimungkinkan karena perubahan arah politik sebuah perkara yang dibelakangnya penuh nuansa politik, bisa juga dihentikan pada tingkat penyidikan di kepolisian. Namun, secara hukum menggantung, contoh soal makar dan lain sebagainya.

Inilah pelajaran berharga, janganlah hukum atau tepatnya penegakan hukum dijadikan alat politik untuk menyudutkan lawan lawan politik.

Demikian juga janganlah para aparat penegak hukum menggunakan kasus-kasus yang bernuansa politik sebagai penunjang kariernya. Sangat merugikan rakyat. (cmk)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional