BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sekjen PDIP, Sekretaris Tim Kampenye Nasional
Hasil Survei Capai Steady State, Pergerakan Semakin Flat

Berbagai survei yang dilakukan oleh lembaga survei nasional yang kredibel seperti Indikator Indonesia, SMRC, LSI, Populi, Charta Politika, Polmark, Litbang Kompas, Roy Morgan, dan lain-loain menggambarkan tercapainya situasi "steady state" dengan tren cenderung flat

Kampanye yang panjang menjadikan die-hard (pendukung kuat) kedua Paslon 01 dan 02 mencapai kondisi maksimum. Dinamika politik ditentukan gerak pemilih mengambang dan pemilih yang belum mengambil keputusan dengan jumlah yang kian mengecil, dan sulit mengejar selisih Jokowi-KH Maruf Amin yang berada antara 13.5 persen hingga 26 persen di atas Prabowo-Sandi. Hasil survei terakhir Litbang Kompas juga menunjukkan hal yang tidak jauh berbeda. 

Perkiraan hasil (akhirnya) mencapai 56,8 persen untuk Jokowi-KH Ma'ruf Amin dibandingkan Prabowo-Sandi 43,2 persen sebagai gambaran pematangan maksimum pendukung die-hard masing-masing paslon. Seluruh Parpol Koalisi Indonesia Kerja pasca konsolidasi dengan para kepala daerah, wakil kepala daerah, dan pimpinan DPRD semakin memerkuat gerak terotorial guna mempertebal selisih kemenangan bagi Jokowi-KH Maruf Amin.

Atas dasar hal tersebut, maka ke depan, pasca kemenangan Pak Jokowi-KH Maruf Amin harus diikuti langkah konsolidasi persatuan dan kesatuan bangsa secara masif  dan melalui pendekatan multidimensional. Apapun pemilu hanya alat untuk mencari pemimpin. Seluruh Parpol Pendukung Pak Jokowi akan kedepankan langkah rekonsiliasi akibat ketegangan politik selama pemilu. (ade)

Catatan: Opini ini disalin dari pernyataan yang disebar di group percakapan.  

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Deddy Herlambang

Pengamat Transportasi

Djoko Setijowarno

Pengamat transportasi

FOLLOW US

Karena Tak Melibatkan Ahli Kesehatan             Perlu Rekayasa Kebijakan Naikkan Daya Beli             Civil Society Perlu Awasi Hitung Suara             Holding BUMN Penerbangan             Saatnya Rekonsiliasi             Klaim Prabowo-Sandi Perlu Dibuktikan             Perlu Sikap Kesatria Merespons Kekalahan Pilpres             KPU Jangan Perkeruh Suasana             Gunakan Mekanisme Demokratik             Pemerintah Harus Bebas dari Intervensi Pengusaha