BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Jurnalis, Pemerhati Migas
Gencarkan Program Substitusi Energi!

Langkah terbaiknya adalah pemerintah harus kembali menggencarkan substitusi energi. Misalnya, penggunaan energi fosil seperti minyak bumi hanya dipergunakan untuk sarana transportasi. Sementara untuk kelistrikan (PLN) bisa menggunakan energi lainnya seperti panas bumi, gas, solar sel, dan lain sebagainya. Pengurasan minyak bumi menggunakan teknologi EOR juga mesti digalakkan di sumur minyak yang berumur tua.

Persoalan macetnya lelang blok migas yang ditawarkan pemerintah, lebih kepada soal mekanisme bagi hasil (split) apakah mereka (investor) lebih nyaman menggunakan rezim PSC atau gross split. Ini yang perlu kajian secara mendalam, karena setiap blok migas memiliki karakteristik yang berbeda.

JIka lelang blok migas terhenti, dampaknya sudah pasti kegiatan eksplorasi sektor migas akan stagnan. Hal itu akan berpengaruh kepada pendapatan negara. Kemudian, akan terjadi penurunan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) di sektor migas.

Untuk itu hal-hal yang dipandang menjadi hambatan iklim bisnis migas, Saya yakin bisa dibenahi. Ini persoalan mau atau tidak bukan bisa atau tidak. Kita harus terus memandang optimisme bahwa sektor migas ke depannya lebih baik dibandingkan saat ini. Harus ada kemauan bersama antara pemda dengan pemerintah pusat untuk menyederhanakan semua perizinan dan pemberian insentif tapi tidak dengan cara melanggar peraturan yang ada. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

FOLLOW US

Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?             Kebutuhan Gas Dalam Negeri Harus Diutamakan