BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana dan Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia
Gaya Pidato Tunjukkan Ke Diri Capres

Saya kira gaya mereka berpidato sudah menunjukkan karakter mereka sendiri dan bukan membangun citra diri. Hal ini kita bisa lihat dari beberapa mereka tampil sejak maju capres.

Nah, sebenarnya bukan soal gaya pidato yang memikat rakyat, tapi soal kemampuan meyakinkan pemilih dengan argmentasi programnnya. Kekuatan argumentasi program itu jauh lebih efektif ketimbang suara lantang.

Terkait variasi gaya pidato Jokowi, itu bertujuan untuk memberikan penegasan terhadap sesuatu yang penting. Dengan demikian ada penegasan dan punya makna di dalamnya.

Namun, saya kira memang perlu ada perhatian khusus tim kampanye agar penggunaan diksi Jokowi tidak mengandung perdebatan apalagi dia petahana.

Untuk kedua kandidat, mereka harus menunjukan sikap negarawan dalam berbagai kesempatan. Dengan demikian rakyat akan mengikutinya. Ajari rakyat dengn nilai-nilai positif dalam berpolitik, sebab tujuan politik itu untuk kesejahtraan rakyat bukan untuk menguasai.

Saya kira ini yang paling penting mereka harus mampu menunjukan sikap kedewasaan dalam berpolitik sehingga proses demokrasi ini berjalan damai dan aman. Caranya dengn membendung berbagai isu, ilusi, hoaks dan juga hal-hal yang bisa memecah belah bangsa. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF