BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Jurnalis Senior Papua
Freeport Memang Lahan Mencari Keuntungan

Saya tidak memahami bagaimana kejadian di Tembagapura itu disebut sebagai penyanderaan oleh sejumlah media. Bukan bermaksud untuk membantah, namun saya hanya merasa bingung mengapa orang-orang menyebut itu penyanderaan.

Kalau yang dinamakan dengan penyanderaan itu ada penculikan dan tuntutan. Sebagai wartawan seharusnya mereka tidak menerima mentah-mentah apa yang disampaikan oleh narasumber. Wartawan itu harus dan perlu melakukan verifikasi informasi yang mereka dapat.

Logikanya, dalam situasi seperti saat ini, siapapun orang yang tinggal di Banti, Kimbeli, dan Utikini pasti takut keluar dan masuk desanya. Kalau ada dua pihak yang saling baku tembak, masa ada orang lain yang berani lewat di situ. Kedua kubu pasti saling jaga dan saling tembak di situ.

Saya tidak bisa menjawab benar atau tidak, dan saya juga tidak bisa memastikan siapa pelakunya kalau benar ada isolasi yang dilakukan di desa-desa tersebut. Ini perlu diverifikasi lagi dan digali lebih dalam kepada aparat keamanan, kelompok bersenjata dan masyarakat. Namun logikanya adalah seperti yang telah saya sampaikan.

Bisa saja ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan. Karena memang seperti yang kita ketahui, dari dulu Freeport itu kan memang lahan untuk mencari keuntungan. (ast)





 

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan