BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Jurnalis Senior Papua
Freeport Memang Lahan Mencari Keuntungan

Saya tidak memahami bagaimana kejadian di Tembagapura itu disebut sebagai penyanderaan oleh sejumlah media. Bukan bermaksud untuk membantah, namun saya hanya merasa bingung mengapa orang-orang menyebut itu penyanderaan.

Kalau yang dinamakan dengan penyanderaan itu ada penculikan dan tuntutan. Sebagai wartawan seharusnya mereka tidak menerima mentah-mentah apa yang disampaikan oleh narasumber. Wartawan itu harus dan perlu melakukan verifikasi informasi yang mereka dapat.

Logikanya, dalam situasi seperti saat ini, siapapun orang yang tinggal di Banti, Kimbeli, dan Utikini pasti takut keluar dan masuk desanya. Kalau ada dua pihak yang saling baku tembak, masa ada orang lain yang berani lewat di situ. Kedua kubu pasti saling jaga dan saling tembak di situ.

Saya tidak bisa menjawab benar atau tidak, dan saya juga tidak bisa memastikan siapa pelakunya kalau benar ada isolasi yang dilakukan di desa-desa tersebut. Ini perlu diverifikasi lagi dan digali lebih dalam kepada aparat keamanan, kelompok bersenjata dan masyarakat. Namun logikanya adalah seperti yang telah saya sampaikan.

Bisa saja ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan. Karena memang seperti yang kita ketahui, dari dulu Freeport itu kan memang lahan untuk mencari keuntungan. (ast)





 

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir