BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen STAIN Bengkalis
Formalitas Hukum dan Fakta

Secara teori, hukum harus sesuai antara teori dan praktik. Namun kenyataan hukum mengalami suatu perubahan ketika ada alasan yang memang bisa dibenarkan. Islam dalam kitab suci menjelaskan bahwa mencuri dipotong tangannya. Nabi pun menguatkan firman Tuhan, dengan mengatakan bahwa seandainya Fatimah mencuri, maka dia sendiri yang akan memotongnya. Namun kenyataannya, dalam beberapa kasus pencurian potong tangan pun tidak dilaksanakan. Bahkan masa Umar bin khatab, hanya mendapat denda atau kurungan. Apakah sikap tersebut bagian dari inkonsistensi terhadap hukum?

Sampai detik ini tidak ada orang yang berani mengkritisi sikap Nabi dan Umar bin khatab terhadap kebijakan yang dibuat saat menjadi penguasa. Karena memang bahasa hukum sering berbeda dalam penerapannya. Karena bahasa hukum tersebut harus bisa memberi subtansi hukum yang diinginkan yaitu adanya keadilan.

Jika keadilan dikonstruksikan pada persoalan pembebasan Abu Bakar Basyir/ABB, apakah bisa dibenarkan apa yang dilakukan Pemerintah? Para pakar hukum tentu lebih berhak menganalisisnya, apakah sudah tepat atau sebaliknya.

Namun jika merujuk dari pendapat Yusril, bahwa unsur kemanusiaan menjadi alasannya, saya secara pribadi mema'luminya. Karena memang usia ABB sudah berusia skitar 80-an tahun. Jika dilihat dari pasal 84 huruf d permenkumham nomor 03 tahun 2018, memang presiden tentu mempunyai kekuasaan untuk melakukan kebijakan yang dibuat oleh para mentrinya. Seandainya memang dipandang perlu dan penting. Tentu atas pertimbangan hukum juga.

Ketika berbicara keadilan, maka punya makna beragam. Ada sudut pandang yang menjadi pijakan dalam memutuskan suatu persoalan. Karenanya, hal yang wajar penafsiran keadilan pun beragam bersamaan beragam juga sudut pandangnya.

Namun dalam persoalan ini pemerintah perlu menjelaskan secara secara gamblang, agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari. Apalagi hal ini dilakukan di tahun politik, jelas menjadi perbincangan bukan hanya positif tapi juga negatif. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF