BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI
Fokuskan Pada Program Pengentasan kemiskinan

Dana desa yang tidak juga berhasil menurunkan angka kemiskinan menunjukkan bahwa ketersediaan dana saja tidak mencukupi untuk mengentaskan kemiskinan. Penggunaan dana yang efektif dan tepat sasaran harus ditingkatkan. Pemerintah perlu berinovasi dalam membuat program pengentasan kemiskinan karena mungkin saja kemiskinan yang terjadi di desa adalah kemiskinan struktural yang sudah akut. Bukan kemiskinan yang terjadi karena perubahan kondisi ekonomi. Bahkan jika dana desa tidak di korupsi pun belum tentu dia mampu mengentaskan kemiskinan karena terjadi perubahan perilaku ekonomi yang sayangnya membuat upaya pengentasan kemiskinan semakin sulit. Perubahan tersebut misalnya belanja online meningkat, digitalisasi naik, kalangan menengah ke atas menahan konsumsi dan memperbanyak tabungan. Perlu di pikirkan juga ke depan adalah dana bagi rakyat miskin di wilayah perkotaan karena saat ini penduduk Indonesia lebih banyak tinggal di wilayah perkotaan.

Menghidupkan kembali sektor pertanian dan perkebunan sebagai basis Pengembangan ekonomi rakyat terdengar sangat ideal dilakukan namun penuh tantangan untuk di implementasikan. Arus migrasi dari desa ke kota terus terjadi. Petani yang muda dan berpendidikan semakin langka. Kepemilikan lahan rata-rata per petani juga semakin kecil. Perlu reformasi pertanian untuk mewujudkannya. Pemerintah harus mendorong anak muda desa mulai bertani secara modern dan efisien. Hal ini juga perlu didukung dengan kebijakan yang pro petani produsen bukan hanya pro pada konsumen misalnya kebijakan harga pertanian yang melindungi petani.

Dana desa perlu dilanjutkan tetapi harus di fokuskan langsung tertuju pada program pengentasan kemiskinan. Porsi untuk pembangunan infrastruktur desa perlu dikurangi, bantuan langsung untuk rakyat miskin desa perlu ditingkatkan. Reformasi pertanian merupakan agenda jangka panjang, upaya pengentasan kemiskinan adalah agenda saat ini yang perlu dikawal. Diharapkan agar pemerintah pak Jokowi fokus ke upaya pengentasan kemiskinan langsung dan mulai mengerem belanja infrastruktur.

Terakhir, yang harus dibenahi dari dana desa adalah formula penghitungannya agar sesuai dengan kondisi desa dan program penggunaan dananya harus fokus pada upaya pengentasan kemiskinan. (pso)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional