BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)
Emil Oneng pasti smootb Jabar 1-2

Politik identitas ternyata masih sangat kental mewarnai konstelasi Pilgub di Jawa Barat. Bukan hal baru sebetulnya politik identitas ini, bahkan diseluruh dunia juga orang kembali ke etnosentrisme gara gara Osama bin Laden adalah murid yang baik pelaksana teori Huntington bahwa dunia terjebak pada konflik 3 peradaban Barat- Islam - Confucius.

Kalau dulu pada zaman demokrasi liberal Di TII adalah kasus domestik, lokal yang barangkali bisa disebut kelas "kecamatan kabupaten" itupun memerlukan belasan tahun untuk me"numpas"nya. Sekarang ini ideologi etnosentrisme agama bersifat global, sehingga Pancasila seolah hanya produk "Nasional" yang "kalah gengsi" dari ideologi global agama Timur Tengah itu.

Ini masalah krusial bagi Indonesia dan Timur Tengah sendiri. Karena itu MBS Mohamad bin Salman harus sukses mem Pancasilakan Arab Saudi dari ideologi Wahabi Salafi. Baru dunia (termasuk Indonesia) akan aman dari ekstremis Wahabi Salafi. 

Jawa Barat memang akan jadi ujian disamping Jateng Jatim, apakah Indonesia akan berakar pada Borobudur Pancasila Nasional atau akan "tergerus, terhisap " oleh ideologi Wahabi Salafi Timur Tengah?

Ini tantangan di 3 provinsi se Jawa yang sangat berat dan menentukan bagi 2 temannya Jokowi. Barangkali Ridwan Kamil dipasangan dengan Rieke Dyah Pitaloka bisa menjadi Koalisi Banteng Independen yang akan mengamankan Jabar dari ideologi Wahabi Timteng. 3 provinsi Jawa harus dimanager secara intensif agar tidak sampai kecolongan seperti DKI Jakarta.

(cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF