BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia
Dunia Usaha Tunggu Kepastian

Kerusuhan yang terjadi pasca pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan nasional Pilpres 2019 pada 21 Mei jika berlarut-larut akan mempengaruhi iklim investasi. Tetapi jika bisa segera diatasi akan meredam ketidakpastian.

Cara meredam kerusuhan yang dilakukan oleh aparat keamanan juga menjadi penting, tidak hanya asal meredam. Meredamnya juga jangan hanya dengan angkatan bersenjata atau kepolisian, tetapi mengatasi masalah yang sesungguhnya ke jalur hukum.

Apakah pemerintah dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan benar, tidak sekadar menghindari konflik dengan cara kekerasan, tetapi dengan prosedur dan cara yang benar, termasuk penggunaan jalur hukum. Apakah hasilnya nanti akan menang atau kalah itu urusan nanti, yang jelas caranya harus benar.

Pada saat pengumuman KPU dunia usaha sudah lebih yakin akan kepastian politik, tetapi belum 100 persen karena prosesnya masih berjalan sampai ke Mahkamah Konstitusi nanti. Bahkan kalau sudah final pun, pengusaha masih menunggu follow up dari pemerintah sampai kepada pembentukan kabinet ekonomi pada Oktober 2019. Para pengusaha terus memantau kondisi ini. (sar)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Zaman Zaini, Dr., M.Si.

Dosen pascasarjana Institut STIAMI, Direktur Sosial Ilmu Politik CPPS (Center for Public Policy Studies), Staf Khusus Bupati MURATARA Sumsel

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

FOLLOW US

Pemerintah Daerah Harus Berada di Garda Terdepan             Tegakkan Aturan Jarak Pendirian Ritel Modern dengan Usaha Kecil Rakyat             Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar