BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia
Dunia Usaha Tunggu Kepastian

Kerusuhan yang terjadi pasca pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan nasional Pilpres 2019 pada 21 Mei jika berlarut-larut akan mempengaruhi iklim investasi. Tetapi jika bisa segera diatasi akan meredam ketidakpastian.

Cara meredam kerusuhan yang dilakukan oleh aparat keamanan juga menjadi penting, tidak hanya asal meredam. Meredamnya juga jangan hanya dengan angkatan bersenjata atau kepolisian, tetapi mengatasi masalah yang sesungguhnya ke jalur hukum.

Apakah pemerintah dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan benar, tidak sekadar menghindari konflik dengan cara kekerasan, tetapi dengan prosedur dan cara yang benar, termasuk penggunaan jalur hukum. Apakah hasilnya nanti akan menang atau kalah itu urusan nanti, yang jelas caranya harus benar.

Pada saat pengumuman KPU dunia usaha sudah lebih yakin akan kepastian politik, tetapi belum 100 persen karena prosesnya masih berjalan sampai ke Mahkamah Konstitusi nanti. Bahkan kalau sudah final pun, pengusaha masih menunggu follow up dari pemerintah sampai kepada pembentukan kabinet ekonomi pada Oktober 2019. Para pengusaha terus memantau kondisi ini. (sar)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

Bangsa Xenophobia

13 June 2019

Massa Ke MK, Untuk Apa?

0 OPINI | 13 June 2019

Bahasa Daerah, Merana Nasibmu

2 OPINI | 14 June 2019

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Insentif Pajak, Daya Tarik Sistem Pajak yang Paling Rasional             Menengok dan Menyiapkan SDM di Era Revolusi Industri 4.0             Polri Telah Berupaya Transparan Ungkap Rusuh 21-22 Mei             Possible and Impossible Tetap Ada             Ungkap Rusuh 21-22 Mei Secara Terang dan Adil             Banyak Masalah yang Harus Diselesaikan             Pilihan Cerdas Jadi Oposisi             Tergilas oleh Budaya Global             Penghambaan terhadap Simbol Dunia Barat             Tak Cukup Imbauan