BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI)
Bukan Hidup Abadi Badaniah Semata

Gagasan tentang hidup abadi atau menjadi immortal human tentulah sebuah keniscayaan ketika teknologi kesehatan telah semakin maju.

Gagasan ini memang telah menjadi keinginan atau cita-cita legendaris dalam sejarah umat manusia, seperti misalnya legenda tentang para ksatria Highlanders dari Skotlandia yang tidak bisa mati hingga kepalanya dipenggal oleh ksatria Highlanders lainnya. 

Namun sebenarnya keinginan untuk hidup abadi ini harus dipahami bukan sekadar abadi fisik badaniah semata, tetapi abadinya sebuah pemikiran dan peradaban secara lintas generasi. Hal ini sejalan dengan pemikiran dari perspektif agama, bahwa semua pemuka agama atau nabi juga tidak abadi secara fisik. Para nabi juga akhirnya mati, tetapi ajaran dan pengalaman hidup yang penuh kebajikan justru terus menjadi inspirasi bagi manusia dari generasi ke generasi. 

Jadi intinya adalah, yang perlu hidup lebih lama bukanlah fisik badaniah seorang manusia, tetapi gagasan kebaikan dan kebajikan yang akan membuat ras manusia tetap ada hingga ke akhir zaman. (ade)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!