BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Dosen STAIN Bengkalis
Boleh Berbohong, Asal Jangan Salah

Ada ucapan orang bijak: "dalam politik boleh berbohong, tapi tidak boleh salah. Dalam ilmu pengetahuan, boleh salah namun tidak boleh bohong”. Kalimat ini sebenarnya yang sedang dimainkan oleh kedua belah, baik pihak pemerintah maupun kubu amien rais. Persoalan "kebenaran data", adalah kebenaran relatif yang bisa diterjemahkan dalam sudut berbeda. Terkait hal ini, bisa saja benar semua tapi bisa juga  salah atau salah satunya benar.

Dalam hal ini menjadi tidak penting. Sebab dalam politik kesalahan yang diucapkan berulang ulang bisa menjadi menjadi kebenaran politik. Jika kita teliti ucapan soekarno mengajak kepada masyarakat untuk"berdikari "(berdiri di atas kaki sendiri) adalah contoh sebuah pilihan kata dalam rangka untuk membangun persepsi yang baik mandiri dan jiwa merdeka dari gangguan bangsa lain. Karena diucapkan pada saat yang tepat, maka menjadi alat kampanye yang ampuh mempengaruhi rakyat. Walaupun akhirnya rakyat sendiri akhirnya bingung merumuskan kata tersebut dalam bentuk operasional dalam kehidupan sehari hari.

Oleh karena itu, maka apa yang disampaikan keduanya saat ini publik hanya bisa menerka bahwa ke  sedang membangun pangsa pasar. Apakah nantinya berhasil atau tidak tergantung kejeniusan dalam mempengaruhi pikiran masyarakat untuk mengikuti alur pikiran mereka. Semoga saja polemik ini tidak membuat kegaduhan yang berkelanjutan yang mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir