BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI
Blended Finance Telah Dipersiapkan 1,5 Tahun

Kami tentunya akan membantu implementasi skema blended finance atau pembiayaan campuran dalam pembanguan infrastruktur berkelanjutan atau SDG’s. Bantuan atau support dari pemerintah diberikan dengan cara memberikan insentif berupa regulasi, seperti Perpres tentang sampah dan banyak lagi.

Selain itu metode atau skema blended finance telah dipersiapkan sejak 1,5 tahun yang lalu. Juga sudah diperekenalkan sejak bersamaan dengan persiapannya. Jadi, bukan suatu hal yang dilakukan secara tergesah-gesah, tapi dengan persiapan dan diperkenalkan ke publik selama kurang lebih 1,5 tahun.

Kami menyetujui metode pembiayaan ini, karena pemerintah tidak ingin menggantungkan semua biaya pembangunan hanya kepada APBN. Terutama pembangunan yang berhubungan dengan SDG's. Tidak sedikit proyek-proyek yang akan kita tandatangani pada penutupan IMF-WB Annual Meetings, dan kebanyakan berhubungan dengan SDG's seperti lingkungan hidup, sampah laut, sampah plastik, dan lain sebagainya. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Djoko Setijowarno

Pengamat transportasi

FOLLOW US

Ada Kepastian Jangka Panjang di Proyek Infrastruktur             Melawan Hoax dengan Fungsi Biologis Manusia             Kian Tinggi Pendidikan, Kian Mudah Kena Hoax             Diperlukan komitmen politik bukan pencitraan.             Reforma Agraria harus Digarap Serius             Sikap Prabowo yang Kalem Bukan Strategi             Umumkan Semua Penguasa Lahan di Indonesia             Sikap Kalem adalah Strategi Politik Prabowo             Bioethanol Sebagai Energi Alternatif Ditinggalkan             Pelaksanaan Bagi-bagi Sertifkat Tanah Bukan Hal Baru