BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Seniman dan Penulis Buku
Berkebaya Adalah Kesadaran

Menurut saya, gerakan berkebaya adalah salah satu bentuk kesadaran perempuan Indonesia akan identitasnya sebagai perempuan Indonesia. Kesadaran ini adalah hal yang sangat menggembirakan, karena perempuan Indonesia mulai bisa melihat bahwa apa yang kita punya itu indah dan perlu dipertahankan, dibanggakan, dan disiarkan.

Apakah hanya menjadi demam sesaat? Saya harap tidak. Dan harusnya justru semakin menggelora dan menjadi kesadaran kita semua, orang Indonesia.

Bisa jadi, kebaya di masa awal ini menjadi variasi berbusana, pamer koleksi kain. Tetapi ketika kemauan mencoba sudah terlewati dan kenyamanan berkain dan kebaya menjadi kenyamanan, maka setiap hari berkain dan berkebaya adalah hal yang biasa buat perempuan Indonesia.

Sebetulnya yang dikhawatirkan ribet itu bukan berkebaya, tetapi pakai kainnya. Selama ini berkain dianggap harus dipadu dengan kebaya, harus pakai long torso. Ikat sana sini. Padahal berkain itu gampang sekali. Contoh, lihat betapa gampangnya para ibu di seluruh penjuru negeri kita memakai kain daerah  masing-masing. Tak harus dipadu dengan kebaya (encim/kutu baru/kartini).

Jadi kalau menurut saya, dan juga harapan saya, kita tidak terikat okeh kata “kebaya” tetapi menuju pada berkain Nusantara. Memakainya setiap hari. Pakai kain itu luar biasa enak dan gaya dan hemat (kurusan, tinggal ditarik sarungnya, gemukan, longgarkan sarung/kainnya)

Kain kita itu identitas negeri ini. Memakainya adalah cara terbaik menunjukkan kecintaan pada negeri kita. (yed)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir