BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti
Bentuk Inkubator Bisnis untuk Pengembangan UMKM (Bagian 2)

Rekomendasi untuk pengembangan UMKM Indonesia: bentuk lembaga kewirausahaan (seperti inkubator) yang dikelola secara profesional di berbagai wilayah di Indonesia. Lalu berikan bantuan pemodalan (hibah dan pinjaman) khususnya UMKM yang berbasis teknologi. Kemudian pemberian kemudahan perizinan usaha, pemberian kemudahan perizinan produk, diseminasi teknologi (misal, pemberian bekal digital marketing), pemberian pendampingan lapangan kepada UMKM (seperti pendamping dan penyuluh pertanian di Kementerian Pertanian), terakhir pemberian pelatihan bisnis gratis kepada UMKM secara periodik untuk peningkatan kualitas SDM.

Sepanjang program pembinaan kepada produk UMKM telah dilakukan, terlihat bahwa UMKM Indonesia mampu bersaing dengan produk lainnya di pasar. Namun, yang perlu dilakukan adalah kerjasama antar stakeholder terkait untuk bersinergi agar produk UMKM memenuhi persyaratan produk yang ditetapkan, seperti halnya SNI, izin edar seperti BPOM-MD (makanan), BPOM-TR (jamu), atau izin edar pupuk, membangun pemahaman terhadap aturan perizinan.

Hal lainnya adalah cara membangun brand dan pengemasan produk agar terlihat menarik konsumen. Beberapa contoh tersebut yang menyebabkan produk UMKM kalah bersaing dan tidak bisa memasuki pasaran. Pasar yang besar memberikan syarat yang ketat untuk suatu produk dapat beredar dan dikomersialisasikan. (pso)

 

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan