BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti
Bentuk Inkubator Bisnis untuk Pengembangan UMKM (Bagian 2)

Rekomendasi untuk pengembangan UMKM Indonesia: bentuk lembaga kewirausahaan (seperti inkubator) yang dikelola secara profesional di berbagai wilayah di Indonesia. Lalu berikan bantuan pemodalan (hibah dan pinjaman) khususnya UMKM yang berbasis teknologi. Kemudian pemberian kemudahan perizinan usaha, pemberian kemudahan perizinan produk, diseminasi teknologi (misal, pemberian bekal digital marketing), pemberian pendampingan lapangan kepada UMKM (seperti pendamping dan penyuluh pertanian di Kementerian Pertanian), terakhir pemberian pelatihan bisnis gratis kepada UMKM secara periodik untuk peningkatan kualitas SDM.

Sepanjang program pembinaan kepada produk UMKM telah dilakukan, terlihat bahwa UMKM Indonesia mampu bersaing dengan produk lainnya di pasar. Namun, yang perlu dilakukan adalah kerjasama antar stakeholder terkait untuk bersinergi agar produk UMKM memenuhi persyaratan produk yang ditetapkan, seperti halnya SNI, izin edar seperti BPOM-MD (makanan), BPOM-TR (jamu), atau izin edar pupuk, membangun pemahaman terhadap aturan perizinan.

Hal lainnya adalah cara membangun brand dan pengemasan produk agar terlihat menarik konsumen. Beberapa contoh tersebut yang menyebabkan produk UMKM kalah bersaing dan tidak bisa memasuki pasaran. Pasar yang besar memberikan syarat yang ketat untuk suatu produk dapat beredar dan dikomersialisasikan. (pso)

 

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional