BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik, Dosen Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah
Beberapa Kemungkinan Skenario Pilpres 2019

Pertama, akan terjadi head to head ulang antara Jokowi dan Prabowo karena temuan survei mengkonfirmasi hanya kedua sosok itulah yang memiliki elektabilitas memadai meski jarak elektabilitas keduanya berjauhan.

Kedua, akan muncul calon alternatif yang bisa dipelopori kubu Cikeas-SBY dengan memunculkan putra mahkota AHY sebagai capres. Poros alternatif akan terealisasi jika Demokrat mendapat 2 dukungan partai politik tambahan untuk menggenapi ambang batas pencapresan 20 persen. Tentu ini tak mudah di tengah partai-partai sudah menentukan kedekatan hati dengan Jokowi maupun Prabowo.

Ketiga, akan terjadi calon tunggal karena mayoritas partai mendukung Jokowi. Karena Prabowo pun sejauh ini belum dapat sokongan 20 persen ambang batas pencapresan. Paling mungkin Prabowo hanya didukung Gerindra dan PKS dimana gabungan suara kedua parpol itu tak mencukupi PT 20 persen.

Keempat, tapi mungkin juga akan terjadi head to head antara poros Jokowi dengan poros kolaboratif Prabowo dan SBY. Meski tak mudah poros kolaboratif ini karena problem personal keduanya, tapi peluang ini masih terbuka di tengah dinamika politik yang terus berubah. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF