BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Advokat - Pengurus Harian DKTP Prov.Papua (Sebagai Wakil Sekretaris)
Barganing Mereka Bukan Papua

Benarkah OPM yang melakukan penyanderaan? Atau ada pihak tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan situasi politik dan keamanan di kawasan Freeport? Bagi saya pertanyaan ini menarik.

Untuk membicarakan ini, coba kita bandingkan PT Freeport Indonesia yang sekarang dengan Freeport McMoran. Di kala Freeport masih menggunakan label McMoran, sepengetahuan saya hampir tidak pernah ada dalam catatan sejarah terjadi kasus penembakan dan penyanderaan.

Kita harus melihat persoalan apa yang sebenarnya terjadi. Beredar video pernyataan TPN-OPM yang mengaku menjadi dalang dari penembakan anggota Brimob. Mereka memiliki barganing atau permintaan yang mereka kehendaki. Kalau menurut saya, yang menjadi barganing mereka jelas bukan kepentingan politik Papua "Merdeka".

Bagi saya, kasus ini tidak ada kaitannya dengan politik. Saya tidak menemukan motif politik seperti yang mungkin diutarakan sejumlah pihak. Namun saya justru melihat adanya motif ekonomi.

Jika aparat keamanan belum melakukan tindakan dalam membebaskan sandera, saya menilai ini bukalah suatu pembiaran. Melainkan aparat masih memikirkan langkah untuk menangani kejadian ini. Tidak bisa sembarangan atau terburu-buru, karena menyangkut nyawa banyak warga negara. (ast)

 

 

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)