BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sekretaris Dewan Pakar PA GMNI
Bangun Hanya Koperasi Pertanian dan Nelayan

Koperasi adalah soko guru ekonomi, itu yang ditulis dalam konstitusi kita sebagai salah satu pelaku ekonomi. Koperasi berorientasi lebih kepada service making daripada profit making.     

Dengan motto dari anggota oleh anggota dan untuk anggota, ada 3 pengertian yaitu; Pertama, pengurus koperasi harus datang dari anggota, bukan orang luar.                                                    

Kedua, anggota koperasi adalah petani sejenis atau nelayan. Ketiga, karena tujuan sistem Pancasila menuju sistem ekonomi sosialisme Indonesia, maka pertanian dan nelayan hanya boleh dikelola oleh koperasi tidak boleh oleh swasta.

Di negara maju seperti Jepang, Denmark dan beberapa negara Eropa koperasi (pertanian dan kelautan) sangat maju sehingga lebih besar dari swasta. Contoh, koperasi Zennoh di Jepang yang lebih besar dari Sogo. Tidak ada kementerian koperasi tapi untuk jadi menteri pertanian atau kelautan harus direkomendasi oleh koperasi.

Dalam abad milenial, dalam iklim revolusi industri ke 4 dimana penggunaan teknologi IT sangat membantu berkembangnya koperasi pertanian dan nelayan yang sebelumnya kesulitan berkomunikasi dan bertransaksi. Dalam era sekarang sistem distribusi, sistem financing transaksi dengan mudah dan cepat bisa dilaksanakan dan mampu memotong mata rantai transaksi sehingga cost produksi lebih murah dan margin lebih besar.

Di Indonesia belum ada koperasi yang dimaksud oleh pasal 33 UUD 1945 dimana backmind nya harus bertujuan membangun ekonomi sosialisme Indonesia yang diawali mensejahterakan petani. Artinya koperasi hanya dan harus dibangun Koperasi Pertanian dan Nelayan. Bukan koperasi simpan pinjam atau koperasi yang pengurusnya dicetak dari luar anggota (orientasinya kapitalisme akhirnya dikorupsi).

Bentuk koperasi diawali koperasi petani sejenis petani-petani cabai membentuk koperasi sejenis begitu pula untuk petani padi dan kedelai, nelayan dan peternak sapi/kambing/ayam dimana pengurusnya dari anggota tersebut. Di tingkat kecamatan para pengurus petani sejenis membentuk pusat keuangan dan pusat informasi bersama dan ditingkat kabupaten terbentuklah bank tani/nelayan. Tentunya di tingkat nasional induk koperasi bertugas menentukan kebutuhan untuk pasar, menstandarisisasi atau mencegah fluktuasi harga, menjembatani produk hulu ke hilir, menentukan sistem produksi dan sistem financing dengan mengarahkan Bank Tani dan Nelayan. 

Jadi sesungguhnya koperasi sangat valid untuk menjadi soko guru ekonomi bangsa dan akan mampu bersaing di era ekonomi digital karena manajemen yang lebih efisien--dengan syarat--dibangun koperasi hanya pertanian dan nelayan.  Swasta tidak boleh melakukan penjualan di bidang pertanian dan nelayan.

Pemerintah bertugas memberikan political will dan memfasilitasi kebutuhan lahan dan prasarana awal seperti Cool Storage dan Silo serta bantuan manajemen dalam sistem financing.

Tentunya hal ini diawali dengan pemahaman Pancasila sebagai sistem the way of life oleh para penyelenggara negara. Semoga. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional