BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia
Awal Reformasi, PPP Gigih Dukung Pembentukan UU KPK

Apakah duit suap yang diduga dilakukan Romahurmuziy (Romy) demi modal politik Pemilu 2019? Saya pikir belum ketahuan kemana saja uang hasil suap itu mengalir. Tapi kasus suap yang melibatkan Romy yang notabene adalah Ketua Umum PPP dan juga anggota DPR, ini sudah bisa dikategorikan korupsi politik yang memanfaatkan sistem rekruitmen pejabat publik tingkat tinggi sebagai sumber uang korupsinya.

Dengan adanya kasus ini, saya pikir PPP harus bekerja ekstra keras untuk memperbaiki citra dan kredibilitasnya sebagai partai yang berasaskan agama Islam dan berlogo Kabah.

Di awal masa reformasi, PPP memiliki rekam jejak yang bagus di bidang pemberantasan korupsi. Anggota DPR di PPP dikenal gigih mendukung pembentukan UU KPK. Ini pasti menjadi tantangan yang sangat berat bagi para pengurus PPP. Dan biarlah pemilih yang akan menentukan nasib partai ini pada Pemilu 2019. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Insentif Pajak, Daya Tarik Sistem Pajak yang Paling Rasional             Menengok dan Menyiapkan SDM di Era Revolusi Industri 4.0             Polri Telah Berupaya Transparan Ungkap Rusuh 21-22 Mei             Possible and Impossible Tetap Ada             Ungkap Rusuh 21-22 Mei Secara Terang dan Adil             Banyak Masalah yang Harus Diselesaikan             Pilihan Cerdas Jadi Oposisi             Tergilas oleh Budaya Global             Penghambaan terhadap Simbol Dunia Barat             Tak Cukup Imbauan