BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Forum Jurnalis Jakarta
Anies Nyapres; Stop Isu SARA

Anies itu rasanya tak baik bagi masa depan persatuan Indonesia. Dia menang karena para pendukungnya memainkan politik SARA yang sangat kejam saat Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Pastinya kelompok-kelompok pendukung Anies, akan kembali memainkan isu-isu SARA.

Kita menduga mereka akan melakukan segala cara untuk merebut kekuasaan. Bagi mereka yang penting menang, sementara persatuan Indonesia bukan yang utama. Partai-partai pendukungnya juga sudah menegaskan bahwa mereka akan kembali memainkan politik identitas di Pileg 2019 mendatang.

Soal berbagai pengamat minta dia fokus ke Jakarta, saya pikir itu bukan persoalan. Anies punya hak konstitutional sebagai warga negara untuk dipilih. Sah-sah saja dia menjadi cawapres apalagi capres. Namun yang utama menurut saya, stop isu SARA! Agar Sabang sampai Merauke tetap ada dalam pangkuan ibu pertiwi.

Kita juga meyakini masyarakat semakin bijak dan dewasa dalam mencerna kontestasi politik. Jokowi bukan Ahok. Dan, konsolidasi Jokowi ke tokoh tokoh berpengaruh Islam sangat massive dengan mendatangi pesantren. Wakilnya juga kita yakini seorang tokoh Islam berpengaruh. Dia akan menjadi pelengkap bagi Jokowi sekaligus benteng menghadang gempuran isu SARA. Pileg bukan Pilkada Jakarta.

Kita menganalisa Jokowi siap untuk menghadapi gempuran isu SARA. PDI Perjuangan juga sudah mengorbankan bidak-bidak di pilkada kemarin untuk memastikan kemenangan Jokowi di Pileg 2019. (ast)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF