BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali
Aksi 115 dan Tagar 2019 Ganti Presiden

Aksi 115 atau Aksi Bela Palestina yang digelar di Monas wajar-wajar saja sepanjang dilakukan dengan tertib. Menurut saya aksi itu sangat positif karena mnenunjukan rasa kebersamaan kita terhadap sesama umat muslim yang notabene bangsa kita mayoritas beragama Islam. Jadi, sudah sewajarnya kita ikut membela umat Muslim di mana pun, namun harus sesuai dengan koridor hukum yang berlaku di negara Indonesia. Sehingga masyarakat sipil tidak perlu ikut angkat senjata, karena sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan tidak membolehkan.

Kemudian, Wasekjen FPI Ja’far Sodiq menggulirkan hestek ‘2019 Ganti Presiden’ dalam Aksi 115 sudah masuk dalam konteks politis belaka.  Hal ini menandakan rasa ‘ketakutan’ dari kelompok oposisi karena hanya hestek itu “senjata” yang masih tersisa. Sementara “senjata lain” sudah tidak mempan lagi karena tidak berhasil meruntuntuhkan elektabilitas Pak Jokowi, justru elektabilitas beliau semakin hari kian naik saja.

Hestek ‘2019 Ganti Presiden’ akan menjadi bumerang bagi oposisi, karena tidak jelas calon yang akan diusung. Lantas, mau diganti dengan siapa? Sedangkan waktu sangat cepat berlalu, bagaimana mmpersiapkan diri dalam waktu singkat? Intinya, sampai saat ini lawan-lawan Pak Jokowi terlihat sedang kebingungan mengenai strategi apa yang akan dipakai lagi untuk menyaingi elektabilitas Pak Jokowi. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)