BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan
Adakan Uji Petik Bersama

Cantrang sudah diuji petik beberapa kali. Kalau ada yang masih kurang puas, mestinya dilakukan uji petik bareng KKP, nelayan, akademisi, Pemda, DPRD. Semua harus komit apapun hasil terakhir, kedua belah pihak harus setuju. Memang saya dengar cantrang itu turun ke bawah terus ditarik ke atas seperti sistem sendok dan tidak kena dasar laut. Karena kalau tidak bisa rusak alatnya dan biaya lagi.

Cantrang kalau tidak salah Rp15-25 juta, gillnet Rp1.5 miliar. Jadi amat mahal dibanding cantrang.
 
Sekarang saja nelayan banyak yang sudah pinjam ke bank. Kalau mau pinjam lagi harus ada tambahan aset  untuk jaminan bank.

Nah, kondisi nelayan sekarang yang tidak  bisa melaut, rumahnya bisa disita bank. Belum ganti alat tangkap yang direkomendasikan, kecuali dikasih gratis semua ke nelayan dan semua sudah siap pakai.

Alasan lain, contoh gillnet yg ramah lingkungan versi KKP hasil tangkapannya juga jauh dibanding hasil tangkapan cantrang.

Sekarang mau tidak uji petik sama-sama? Selama semangatnya mau cari titik temu, nelayan pasti mau karena mana maumereka  ribut-ribut. Nelayan cuma mau bisa melaut dengan tenang tapi dengan cara yang tidak merusak lingkungan dan menjaga area juga jangan sampai over fishing.

Ihwal data produksi perikanan, yang pasti di data BPS ekspor turun 15 persen. Presiden juga ucapkan begitu, ekspor turun. Tapi jangan juga besoknya ada rilis eksor naik dalam beberapa hari, kan bingung stakeholder. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Didin S. Damanhuri, Prof., Dr., SE., MS., DEA

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)