BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik
Ada Tanda Tanya Besar

Hemat saya, setelah Massa Manik (MM) mengatakan "lets move on" , justru menambah tanya besar. Pertama, apakah hanya kelangkaan BBM?

Kedua, MM itu justru sejatinya orangnya Rini. Mengingat hubungannya sudah sangat lama, malah MM pernah membantu merestrukturisasi salah satu perusahaan Rini. Sehingga MM pernah ditempatkan sebagai  SEVP Remedial and Recovery Bank BNI sebelum yang bersangkutan ke perkebunan. Di sini muncul spekulasi masalah office politik di BUMN. Apakah Rini sudah mulai tidak suka terhadap MM yang adakalanya vokal atau ada hello dari yang lainnya?

Ketiga, isu yang santer yang dikaitkan dengan presiden, yakni tetang bocornya tanker minyak di Kalimantan. Konon kabar seharusnya Pertamina segera minta maaf kepada dunia Internasional atas terjadinya pencemaran laut yang mematikan biota, tidak lantas buang badan. Mengingat presiden mendapat sorotan dunia. Dianggapnya Indonesia lepas tanggung jawab, padahal bertepatan dengan hari bumi. (cmk)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional