BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Pengamat Politik
Ada Tanda Tanya Besar

Hemat saya, setelah Massa Manik (MM) mengatakan "lets move on" , justru menambah tanya besar. Pertama, apakah hanya kelangkaan BBM?

Kedua, MM itu justru sejatinya orangnya Rini. Mengingat hubungannya sudah sangat lama, malah MM pernah membantu merestrukturisasi salah satu perusahaan Rini. Sehingga MM pernah ditempatkan sebagai  SEVP Remedial and Recovery Bank BNI sebelum yang bersangkutan ke perkebunan. Di sini muncul spekulasi masalah office politik di BUMN. Apakah Rini sudah mulai tidak suka terhadap MM yang adakalanya vokal atau ada hello dari yang lainnya?

Ketiga, isu yang santer yang dikaitkan dengan presiden, yakni tetang bocornya tanker minyak di Kalimantan. Konon kabar seharusnya Pertamina segera minta maaf kepada dunia Internasional atas terjadinya pencemaran laut yang mematikan biota, tidak lantas buang badan. Mengingat presiden mendapat sorotan dunia. Dianggapnya Indonesia lepas tanggung jawab, padahal bertepatan dengan hari bumi. (cmk)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan